Pertolongan Pertama Cara Menangani Luka Bakar

    Pertolongan Pertama Cara Menangani Luka Bakar - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai suatu situasi bisa aja situasi ini hal yang bisa Anda lakukan sendiri dalam Penanganannya, Tapi bisa juga merupakan suatu situasi yang sangat darurat yaitu situasi dimana terkena luka bakar.

    Bebarapa hari yang lalu saya sempat terkena luka bakar yang diakibatkan oleh api yang berasal dari gas bocor maka dari itu saya beberapa hari ini tidak menulis artikel.

    Saya yakin salah satu dari Anda yang membaca artikel saat ini pernah mengalami yang namanya luka bakar.

    Sebagai gambaran bahwa luka bakar ini penyebabnya itu beragam sekali mulai dari karena tekanan uap dari air panas, Lalu tersiram air panas, Bisa juga terkena sengatan listrik, Terkena zat kimia dan yang lebih parahnya langsung terbakar oleh api.

    Berbicara tentang luka bakar tentunya ini berkaitan dengan kulit, Kulit kita terdiri atas tiga lapisan besar yaitu pertama lapisan paling atas adalah epidermis kemudian lapisan kedua adalah dermis lapisan ketiga itu ada hipodermis.

    Lapisan-lapisan inilah yang nantinya akan menentukan luka bakar tersebut termasuk kriteria yang ringan, sedang atau berat.

    Jadi kalau luka bakar tersebut sampai kelihatan bagian putihnya itu termasuk luka bakar berat biasanya jika sampai dalam banget bisa terkena tulang dan otot.

    Bicara masalah luka bakar itu yang terpenting adalah bagaimana penanganan pertolongan pertama.


    1. Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan

    Pertolongan Pertama Cara Menangani Luka Bakar

    Tadi kita membahas masalah luka bakar yang ringan, Biasanya hanya dialami pada bagian kulit atas atau epidermis, Ciri-cirinya warna kulit berubah menjadi kemerahan karena proses peradangan tidak ada disertai dengan luka terbuka kemudian tidak ada yang melepuh seperti balon, Gelembung kulit yang berair atau biasa disebut bula.

    Bagaimana cara penanganan luka bakar yang tipe satu ini? caranya cukup mudah, Saat luka bakar ini  terjadi guyur dengan air yang mengalir biasanya sampai 5-10 menit, Kalau bisa lebih tapi jangan lebih dari setengah jam.

    Mengguyur air yang mengalir ini Tujuannya adalah untuk meringankan rasa nyeri yang terjadi.

    Setelah di guyur air bagaimana kalau dioleskan dengan odol atau margarin? Hal ini keliru justru yang harus dilakukan selanjutnya adalah kompres dengan handuk basah yang dikasih air dingin tetapi jangan dikompres dengan es batu karena sifat dari es batu itu dapat menyebabkan kulit menjadi mengkerut.

    Baca Juga5 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

    Kompres sampai sekering nya handuk saja, Kemudian di diamin, Jika sudah berkurang rasa nyerinya baru dikasih salep khusus luka bakar.

    Untuk proses selanjutnya yaitu proses penyembuhan, Salep khusus luka bakar dioleskan ke yang terkena luka bakar sampai seminggu.

    Jangan sampai terkena air, Minimal salep tersebut dibiarkan sampai 1 jam agar proses penyerapan dari salep nya maksimal.

    Kalau luka bakar seperti ini tidak perlu ke dokter cukup ke Apotek, Bilang saja mau beli salep khusus luka bakar.

    Pada proses regenerasi atau pergantian kulit baru di sini kita membutuhkan konsumsi makanan yang tinggi protein bisa dengan telur, Telur ayam kampung atau telur apa aja atau bisa dengan daging ayam.

    Kemudian untuk memaksimalkan lagi proses regenerasi atau pergantian kulit baru, Kita bisa  menggunakan madu atau lidah buaya untuk memberi kelembaban pada kulit, Biasanya kalau terkena luka bakar, Kulit akan mengering.


    2. Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Luka Bakar Sedang

    Luka bakar sedang biasanya ada proses pelepuhan, Ada gelembung yang di sebut bula tapi tidak ada luka yang terbuka, Karena yang terkena hanya sampai edermisnya.

    Biasanya banyak orang memutuskan untuk menusuk gelembung air tersebut, yang harus diperhatikan gelembung tersebut jangan di apa apakan.

    Karena dibagian bawah kulit yang melepuh begitu mudah sekali terinfeksi kuman, Jadi untuk pertolongan pertama juga sama dengan menggunakan air yang mengalir 5 sampai 10 menit lalu segera bawa ke dokter.

    Baca Juga : 10 Cara Cepat Memerahkan Bibir Secara Alami


    3. Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Luka Bakar Berat

    Luka bakar berat biasanya sudah sampai ke daerah paling bawah kulit, Luka bakar berat itu tandanya tidak hanya melepuh merah tapi juga biasanya lukanya terbuka karena jaringan yang rusak itu sampai jaringan hipodermis sampai terkena tulang dan otot.

    Hal ini jangan diapa-apain ya jangan nunggu air mengalir atau apa, Segera bawa ke UGD luka bakar berat ini biasanya dikarenakan terkena api.

    Biasanya luka bakar yang berat itu sampai ke paling bawah biasanya ke otot dan tulang, Kebanyakan luka bakar ini disebabkan oleh paparan api.

    Jika luka bakar terkena paparan api biasanya pakaian yang digunakan akan meleleh dan lengket ke kulit kalau sudah seperti ini yang harus Anda lakukan adalah langsung segera bawa ke UGD jangan sekali kali menarik pakaian yang menempel pada kulit, yang ditakutkan nanti kulit akan menempel pada pakaian yang ditarik dan menyebabkan luka yang lebih parah lagi.

    Penanganan pada luka bakar baik itu luka bakar ringan, sedang maupun berat yang terpenting kita tahu step-stepnya yang sederhana, Penanganan yang tepat, cepat dan benar sebelum dibawa ke petugas medis itu bisa meringankan keluhan dari penderita.

    Nah itu tadi pembahasan mengenai penanganan luka bakar, Saya doakan yang terkena luka bakar agar lekas sembuh dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel