Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Laptop Asus X401U yang Lelet

Cara Mengatasi Laptop Asus X401U yang Lelet - Laptop Asus dengan tipe X401U adalah laptop yang pertama kali saya punya, Laptop ini mahal pada jamannya, Tetapi untuk sekarang ini pada tahun 2019 yang sebentar lagi tahun 2020 laptop ini sudah sangat murah harganya.

Saya menggunakan laptop Asus X401U ini sudah hampir 3 tahun dan yang paling membuat saya kesal terhadap laptop ini adalah Laptop Asus X401U ini sangat lemot.

Hal yang paling parah saat saya menggunakan laptop ini adalah ketika ingin multitasking, Lambat dari laptop Asus X401U ini sangatlah terasa.

Sudah berbagai cara saya lakukan untuk mengatasi Laptop Asus X401U agar tidak lelet lagi.

Tetapi ada satu hal yang membuat saya terkejut ketika saya mencoba upgrade ram laptop Asus X401u milik saya ternyata slot ram kedua pada laptop ini tidaklah tersedia.

Cara Mengatasi Laptop Asus X401U yang Lelet

Laptop ini menggunakan ram yang sudah built in dan memiliki kapasitar ram sebesar 2GB dimana ram sebesar itu tidak cukup pada tahun sekarang ini.

Saya berfikir apakah laptop dengan speksifikasi slimbook tidak memiliki slot ram lebih? Apakah hanya mengandalkan ram 2 GB yang sudah tertanam pada motherboard?

Akhirnya saya memutuskan untuk browsing di google dan mencari dengan kata kunci "Cara Upgrade Ram Laptop Asus X401U".

Saat itu saya sadar apa yang sedang saya cari, Tidak mungkin rasanya kalau ingin upgrade ram tetapi slot ram yang tersedia tidak ada.

Hal yang membuat saya terkejut adalah ternyata laptop Asus X401U itu memiliki banyak jenis dan hanya tipe saya yang tidak memiliki slot ram tambahan dan akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi berfikir untuk upgrade ram pada laptop asus X401U.

Lalu apakah ada solusi lain untuk mengatasi masalah Laptop Asus X401U yang lelet ? Tentu saja ada berikut cara mengatasinya:

Baca Juga : 10 Software Benchmark CPU Terbaik untuk Windows

Cara Mengatasi Laptop Asus X401U yang Lelet


1. Uninstall Software yang Tidak Terpakai

Terlalu banyaknya software pada Laptop Anda dapat menyebabkan lemot dan memperlambat kinerja laptop itu sendiri, Software atau program tersbut bisa saja jalan di balik layar dan memakan banyak resource memory yang ada.

Jadi jika Anda menghapus software yang sudah tidak terpakai atau masa trialnya sudah habis adalah langkah baik untuk mempercepat performa laptop Asus X401U.

Untuk menghapus program program itu sendiri sangatlah mudah anda tinggal menuju Control Panel -> Programs and features -> Uninstall Program.


2. Menghapus File Sampah

File sampah juga dapat membuat Laptop Asus X401U menjadi lemot, Biasanya file sampah ini adalah file sementara sebelum memproses sesuatu, File sampah ini kemudian menumpuk dan membuat sistem menjadi penuh.

Untuk mengapus File sampah atau junk file dengan cara tekan WIN + R dan akan muncul kolom pencarian, Lalu di kolom pencarian ketikkan atau pastekan kode berikut : %TEMP% Kemudian tekan enter.

Akan muncul banyak file, Hapus semua file yang ada disana tanpa terkecuali, Tidak perlu khawatir karena file tersebut hanyalah junk file.


3. Tambah RAM

Upgrade ram adalah hal wajib bagi Anda yang merasa kalau Laptop Anda lemot. Dalam kasus Laptop Asus X401U milik saya tidak mempunya slot ram lebih, Jadi tidak bisa ditambahkan Ram.

Coba cek Laptop Anda apakah memiliki Slot Ram lebih agar bisa di tambah, Jika memiliki slot ram lebih silahkan beli ram sesuai DDR dari speksifikasi RAM Anda. 

Penambahan ram akan sangat berpengaruh atas kelancaran laptop itu sendiri.

4. Upgrade HDD ke SSD

Mengupgrade hardisk anda ke SSD juga sangat berpengaruh atas kelancaran pada laptop itu sendiri, Teknologi yang ada pada SSD akan membuat laptop Anda menjadi lebih cepat dan anti lelet.

Sekarang ini sudah banyak SSD yang murah, Tidak seperti dulu yang terbilang harga dari SSD sangat mahal.

5. Bersihkan Bagian dalam Laptop

Sama seperti alat electronik lainnya laptop juga bisa kotor bagian dalamnya, Biasanya disebabkan oleh debu yang menumpuk akibat tidak pernah dibersihkan.

Jangan anggap bagian dalam laptop tidak pernah berdebu karena laptop itu tipis dan tidak ada celah utnuk debu itu sendiri masuk. Justru debu tersebut masuk lewat pembuangan hawa panas pada laptop.

Jadi coba untuk membersihkan bagian dalam laptop Anda agar terhindar dari yang namanya kotoran dan debu agar Laptop Asus X401U Anda tidak lelet lagi.


6. Install Ulang 

Cara ini sebenarnya cara terakhir yang menurut saya efektif dan tidak, Karena jika speksifikasi laptop yang kita gunakan tidak memadai, Install ulang adalah hal yang sia sia karena speksifikasi dari laptop itu sendiri tidak mendukung.

Jika menurut Anda laptop yang anda miliki tidaklah lemot seperti pertama kali digunakan, Install ulang adalah cara paling efektif untuk mengatasi lelet pada laptop.

Itulah beberapa tips cara mengatasi laptop Asus X401U yang lelet, Semoga bermanfaat

Yogi Prayogo
Yogi Prayogo Penulis.