Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan CMD

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Command Prompt CMD di Windows - Tidak banyak orang yang benar benar memahami bagaimana cara menggunakan CMD yang ada pada windows. Banyak kesalahpahaman tentang CMD, Bahwasannya CMD hanya untuk digunakan oleh programmer atau geeks komputer.

Pada dasarnya CMD digunakan untuk berkomunikasi dengan windows Anda, dengan perintah perintah tertentu, Meskipun versi GUI lebih mudah digunakan karena hanya tinggal klik saja tidak perlu repot untuk menghafal setiap perintah yang akan digunakan.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa CMD bisa sangat menguntungkan jika Anda membuat sesuatu yang banyak. Contohnya saja folder, ketika Anda ingin membuat begitu banyak folder maka jika di tampilan GUI Anda membuat folde dengan cara klik kanan dan membuat folder baru.

Bayangkan jika ada banyak folder yang harus dibuat tentu saja akan sangat memakan banyak waktu. Berbeda halnya dengan CMD, CMD dapat membuat banyak folder tanpa harus melakukan cara yang sama berulang ulang seperti pada tampilan GUI.

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Command Prompt (CMD) di Windows

Membuat Folder menggunakan CMD itu sangatlah mudah sekali, Berikut langkah langkah cara membuat folder baru di CMD windows.

1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka terlebih dahulu CMD, Ada banyak cara untuk membuka CMD, Pertama buka melalui WIN+R lalu ketikkan CMD setelah itu tekan Enter.

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan Command Prompt CMD

Cara kedua Anda bisa mencarinya langsung melalui menu Search yang disediakan setiap versi windows tertentu, Disini saya menggunakan Windows 10.

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan CMD

2. Setelah Command Prompt (CMD) terbuka, Secara default cmd mengarahkan Anda ke directory yang terdapat nama komputer Anda, Jadi disini kita akan masuk ke directory yang akan kita buat folder baru didalamnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Upgrade Windows 10 Macet Berhenti di 99 Persen

Caranya cukup mudah, Misalkan Anda ingin masuk ke Drive D maka Anda cukup ketik perintah D: dengan perintah titik dua dibelakang drive, Maka Anda akan berpindah directory.

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan CMD

3. Setelah Anda masuk ke directory yang di inginkan, Sekarang Anda bisa membuat foldernya, atau Anda bisa masuk terlebih dahulu ke folder yang sudah ada dengan cara perintah CD setelah itu di ikuti dengan nama folder.
CD contoh
Perintah diatas adalah untuk masuk kefolder contoh

4. Setelah Anda masuk ke folder contoh ataupun Anda tidak ingin masuk ke folder apapun Anda bisa langsung membuat directory dengan perintah berikut.
mkdir data
 Perintah diatas untuk membuat folder baru dengan nama folder "data".

Cara Membuat Folder Baru Menggunakan CMD

Untuk pembuatan folder dengan CMD telah berhasil.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flash Player Tidak Berfungsi Pada Chrome

Cara Membuat Banyak Folder Baru Menggunakan Command Prompt (CMD)

Seperti yang telah saya jelaskan diawal tadi, Kelebihan dari CMD adalah dapat bekerja secara multi secara banyak. Berikut cara membuat banyak folder melalui CMD di windows.

1. Pertama buka kembali CMD Anda, Arahkan ke drive atau folder yang ingin Anda buat banyak folder di dalamnya dengan perintah seperti diatas.

2. Ketikan perintah MD diikuti dengan nama folder yang ingin Anda buat dalam kasus ini saya ingin membuat 4 folder dengan nama Contoh1, Contoh2, Contoh3, Contoh4. Jadi akan seperti dibawah ini perintahnya:
MD Contoh1 Contoh2 Contoh3 Contoh4
Cara Membuat Folder Baru Menggunakan CMD
Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

Menggunakan CMD itu sangatlah mudah sekali dan dapat membantu kita mengerjakan sesuatu lebih cepat tanpa melakukan cara yang sama berulang ulang. Semoga Bermanfaat
Yogi Prayogo
Yogi Prayogo Penulis.