Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

YPramedia.com  - Banyak sekali masalah yang ada pada Sistem Operasi Windows, Termasuk masalah Failure Configuring Windows Updates yang mungkin anda alami saat ini.

Bisa saya pastikan itulah kenapa anda berada pada artikel ini, Karena ingin memperbaiki masalah failure configuring windows updates, Saya yakin Anda mencoba mencari cari sebuah artikel untuk mengatasi masalah anda dengan cara searching di google.

Setelah searching kesana kemari akhirnya anda telah tiba pada blog kesayangan saya yang bertujuan untuk membagikan informasi bermanfaat dan yang paling penting adalah dapat bermanfaat untuk anda semua yang telah membaca blog saya yang sederhana ini.

Oke, Sebaiknya kita kembali ke topik pembahasan cara mengatasi failure configuring windows updates karena saya rasa curhat saya telah kepanjangan hahah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Upgrade Windows 10 Berhenti di 99 Persen

Windows biasanya melakukan update pada saat ada perintah untuk update otomatis. Disinilah kesalahan error pada sistem windows itu bisa terjadi, Mungkin bisa saja penyebabnya adalah setelan konfigurasi windows update anda.

Ini bisa berakibat munculnya layar Bluescreen di sertai pesan error seperti " Failure configuring Windows updates, Reverting changes, Do not  turn off your computer " Jangan panik jika anda mengalami masalah pada laptop anda dengan pesan error seperti itu. Masalah ini bukan hanya anda yang mengalami. Masalah ini tergolong umum bagi pengguna windows.

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

Seperti yang saya ingatkan sebelumnya tetap tenang dan coba mengikuti langkah langkah dibawah ini agar bisa kembali seperti semula :


1. Menunggu Sampai Selesai atau Restart Secara Paksa

Jika anda terjebak pada pesan error Failure Configuring Windows Updates yang sangat menyebalkan ada dua opsi yang perlu anda lakukan antara lain menunggu windows anda di setel ulang secara otomatis atau merestart laptop anda secara paksa. Jika anda memilih untuk menunggu windows menyetel ulang configurasi itu akan memakan waktu sekitar setengah jam atau beberapa jam kedepan. 

Jika ternyata menunggu tidak menyelesaikan masalah failure configuring windows updates dan hanya stuck di pesan error sebaiknya gunakan cara kedua yaitu dengan cara restart paksa laptop atau komputer anda.

Kalau anda menggunakan komputer tombol restart pasti ada, Namun jika menggunakan laptop tombol restart tidak ada. Jadi cara yang akan kita lakukan disini dengan cara menekan tombol daya atau power hingga laptop anda mati. Oh ya mematikan laptop secara paksa itu sangat berbahaya bagi hardware laptop, Jadi jangan terlalu sering yah.

Jika laptop atau komputer anda telah mati, Silahkan hidupkan kembali laptop anda dan tekan F8 saat booting untuk masuk ke safe mode.


2. Membuat System Restore Point 

System Restore Point sebenarnya tidak wajib pada kasus kali ini tetapi akan lebih baik jika kita membuat sebuah restore point agar nantinya tidak ada sistem yang terganggu saat kita ingin mengutak atik windows nantinya.  Untuk membuat system restore point dengan cara seperti berikut :

1. Klik menu Start klik kanan pada Computer lalu pilih Properties.

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

2. Setelah itu klik System Protection pada samping kiri, Kemudian dibawah tab System Protection klik Create.

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

3. Sekarang coba berinama Restore Pointya lalu klik Create, Windows akan membuat sebuah restore point untuk berjaga jaga agar nantinya jika ada sesuatu masalah saat dalam pengeditan atau mengoprek sistem windowsnya kita bisa kembali ke awal seperti setelan pabrik pada android.

Membuat restore point akan memakan waktu yang cukup lama, Kalau anda yakin saat melakukan perbaikan Failure Configuring Windows Updates Windowsnya tidak ada masalah, Sebaiknya tidak lakukan pembuatan restore pointnya.


3. Menggunakan Windows Update Troubleshooter

Pada cara ketiga ini kita akan memperbaiki masalah error failure configuring windows updates dengan menggunakan Windows Update Troubleshooter bawaan windows itu sendiri. Untuk melakukannya anda cukup ikuti langkah berikut ini :

1.  Buka Control Panel dan kemudian klik Find and Fix Problems 

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

2. Setelah itu klik Fix Problems With Windows Update tepat dibawah System and Security

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates
3. Sebuah tampilan akan muncul dan Klik Advance setelah itu klik Run as Administrator. Pastikan juga centang seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

4. Kemudian klik Next, Setelah itu Windows Troubleshooter akan berjalan secara otomatis dan mendeteksi masalah failure configuring windows updates dan akan menunjukan hasil bila telah selesai.

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates
 
Anda juga dapat menggunakan Official Windows update troubleshooter dari Microsoft. 


4. Menghapus Cache Windows Update

Pada langkah yang ke 4 ini kita akan menghapus Cache windows Update agar dapat mengatasi masalah Komputer atau Laptop Failure Configuring Windows Updates.

Pertama tama kita wajib mematikan service windows update jika tidak, Kita tidak akan bisa menghapus Cache windows update karena windows update sedang berjalan. Untuk menghentikan service pada windows dengan cara berikut: 

1. Tekan pada keyboard anda Win + R kemudian ketikkan pada kotak pencarian services.msc dan tekan enter.  

2. Maka akan tampil banyak sekali services yang sedang berjalan, Geser kebawah sampai anda menemukan Windows Update.


3. Klik dua kali pada Windows Update tersebut maka akan muncul sebuah tampilan klik Stop kemudian OK, Hal ini akan menghentikan Windows Update untuk sementara.

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

4. Anda juga harus menghentikan Background Intelligent Transfer Service dengan cara yang sama seperti Anda menghentikan service windows Update. Anda akan menemukannya di menu service.msc juga.


Setelah semua sevices yang bersangkutan dengan windows update kita langsung saja menuju ke drive tempat anda menginstal windows. Biasanya di Drive C, Setelah itu pergi ke folder Windows ->  SoftwareDistribution setelah itu hapus semuanya di dalam folder Data Store dan lakukan dengan Run As Administrator, Tidak perlu khawatir dengan menghapus file ini tidak akan menghapus pembaruan yang telah dilakukan sebelum sebelumnnya.

Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

Setelah itu silahkan restart komputer anda seharusnya setelah mengikuti beberapa langkah diatas Error Failure Configuring Windows Updates tidak lagi muncul. Semoga Bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel