Cara Mengatasi Artikel Blog Masuk ke Hasil yang Diabakan Google

    Cara Mengatasi Artikel Blog Masuk ke Hasil yang Diabakan Google - Tahukah Anda google tidak sepenuhnya menampilkan semua artikel Anda di hasil pencarian Google, Meskipun Anda berpikir kalau artikel Anda berpotensi rank 1 di halaman pencarian google. Padahal
    Anda telah memenuhi syarat untuk mencapai rank 1, Tetapi tidak di tampilkan dalam pencarian.

    Hal ini karena artikel Anda berada pada hasil yang telah di sembunyikan dan diabaikan oleh google, Meskipun hal ini bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan, Tetapi bisa saja membuat Anda pusing. Jika situs web Anda tercantum dalam hasil yang di sembunyikan google.

    Jika artikel Anda masuk kehalaman yang diabaikan google maka artikel Anda benar benar tidak akan bisa dilihat oleh siapapun bahkan Anda sendiri tidak akan bisa melihatnya. Untungnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

    Kami telah membaca informasi yang sangat buruk di berbagai macam artikel terkait masalah ini, Jadi teruslah membaca artikel ini, Jika tidak ingin masalah ini menghancurkan reputasi pada website Anda pada saat mencoba untuk mengatasi masalah artikel Anda yang disembunyikan dari hasil pencarian google.

    Tetapi sebelum kita dapat mendiagnosis masalah dan mencoba untuk memperbaikinya, Kita harus memahami terlebih dahulu apa itu hasil yang diabaikan dan mengapa hal seperti ini haruslah ada.


    Apa itu hasil yang telah diabaikan Google?


    Hasil yang diabaikan adalah hasil pencarian yang dikecualikan dari halaman pencarian Google untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

    Yang dimaksud dengan hasil yang diabaikan oleh google adalah hasil yang bisanya sangat mirip dengan informasi di hasil lain yang telah ditampilkan. Biasanya artikel tersebut adalah artikel duplikat atau copy paste.

    Untuk melihat hasil yang telah diabaikan oleh google caranya mudah sekali Anda harus mengklik sampai halaman terakhir google. Sebenarnya ini pada dasarnya memberi tahu kepada Google 'Saya belum menemukan apa yang saya cari' dan google akan memberikan Anda pesan hasil yang diabaikan.

    Cara Mengatasi Blog Masuk ke Hasil yang Diabakan Google

    Untuk menunjukkan hasil yang paling relevan untuk Anda, kami mengabaikan beberapa entri yang sangat serupa dengan 90 yang sudah ditampilkan.
    Jika mau, Anda dapat mengulangi penelusuran dengan menyertakan hasil yang diabaikan.


    Jika Anda mencoba untuk mengklik 'Menampilkan hasil yang diabakan' Google akan mengarahkan Anda kehalaman pertama, Tetapi bedanya Anda akan menemukan beberapa artikel atau situs web tambahan disana.

    Baca juga : Cara Meningkatkan Peringkat SEO di Google pada Tahun 2019


    Mengapa Google Mengabaikan Artikel dari Hasil Pencarian?

    Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, Google mengabaikan beberapa artikel untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pengguna. Biasanya untuk menghindari kejahatan dalam SEO yang biasanya di sebut SEO Blackhat.

    Hal yang sangat pasti kenapa artikel Anda diabaikan oleh google adalah terlalu banyak Keyword, Artikel Copas, Duplikat URL.

    Terlalu banyak keyword atau kata kunci yang tersebar pada artikel membuat artikel Anda jadi tidak nyaman untuk dibaca dan tentu saja hal ini melanggar ketentuan Google.

    Artikel Copy-Paste dapat menyebabkan artikel Anda akan diabaikan oleh Google Search Angine karena sebelumnya sudah ada artikel yang sangat mirip, Itulah mengapa google memunculkan pesan kalau ada artikel yang serupa dan otomatis google akan langsung menganggap artikel tersebut hasil copas.

    Masalah Duplikat URL ini yang harus segera kita atur pada robots.txt atau tag tajuk robot khusus karena ini sangat fatal, Tenang saja kita akan mengatasinya. Jadi Tetaplah membaca sampai habis.


    Cara Membuat Artikel yang Diabaikan Muncul Kembali dari Hasil Pencarian Google

    Pertama-tama, Coba cek terlebih dahulu apakah artikel Anda di indeks oleh Robot Google dan ditampilkan dalam hasil pencarian.

    Jika tidak ada, Anda bisa mendaftarkan artikel Anda di google search console untuk memberi tahu google untuk mengindeks halaman Anda.

    Anda harus ingat bahwa obat terbaik untuk suatu penyakit adalah pencegahan. Selalu periksa sebelum artikel Anda di publikasikan dan di submit ke Google, Apakah berpotensi melanggar ketentuan google atau tidak, Karena begitu artikel Anda telah diabaikan google, Akan lebih sulit untuk mengatasinya. 

    Untuk mengatasi masalah artikel yang diabaikan google ini kita akan mengatasinya dengan cara menganalisis dari awal apakah artikel Anda itu terdeteksi Over Keyword, Melakukan Copas atau Masalah Duplikat URL.


    1. Terlalu Banyak Kata Kunci (Over Keyword)

    Saya pernah mengalami hal seperti ini pada artikel saya, Karena saat itu saya mencoba melakukan eksperimen dan mencoba-coba apakah dengan memasukan banyak keyword pada setiap paragraf dapat menyebabkan artikel saya berada pada Page One, Ternyata tidak hal itu malah dianggap spam oleh google dan google tidak menyukai hal seperti itu. Hasilnya Artikel yang penuh dengan keyword tersebut masuk ke hasil yang diabaikan oleh google. 

    Kalau Anda merasa artikel Anda berada pada hasil yang diabaikan karena terlalu banyak kata kunci sebaiknya Anda dengan cepat mengedit artikel Anda dan mengurangi banyaknya kata kunci yang ada.

    Seperti yang telah saya jelaskan diatas kalau artikel Anda sudah masuk ke hasil yang telah diabaikan oleh google akan sangat sulit mengeluarkan artikel Anda dari sana.

    Jangan langsung menghapus artikel Anda, Cukup dengan mengedit saja dan buat artikel itu menjadi lebih baik dan mudah mudahan dapat keluar dari hasil yang diabaikan google.

    Setelah diedit coba submit ulang artikel Anda pada Google Search Console agar memberitahukan Google kalau artikel Anda sudah berubah.


    2. Melakukan Copas

    Tindakan yang satu ini sangat merugikan diri kita sendiri dan orang lain. Ada kalanya suatu saat terlintas di benak kita untuk mengcopy paste artikel orang lain karena kita lelah menulis.

    Padahal kita telah mengetahui resiko kalau mengcopas artikel orang lain adalah bom waktu bagi blog kita, Dampak yang akan terjadi adalah di masa yang akan datang dan bisa saja terjadi sangat singkat, Karena google bukanlah robot yang dapat dibohongi seperti dulu.

    Google telah mengupdate algoritma terus menerus agar mencapai titik dimana kepuasan pengguna dapat terpenuhi dalam melakukan pencarian di mesin pencari mereka. Walaupun titik tersebut tidak akan ada ujungnya dan akan selalu ada update terus menerus.

    Baca juga : Cara Membuat Created With Love Pada Footer Blog atau Website

    Sebaiknya hentikan tindakan Anda untuk melakukan copas terhadap blog orang lain karena yang rugi bukan cuma orang lain melainkan diri anda sendiri.

    Jika lelah dalam menulis artikel, Berhentilah sejenak jangan terlalu memaksakan terkadang kita perlu berhenti sejenak untuk mengambil nafas tetapi ketika Anda telah berhenti jangan sampai Anda tertidur ingat Anda harus bangun karena ini hanyalah istirahat, Ketika kita bersantai-santai banyak diluar sana yang ingin mengalahkan Anda.

    Jadi untuk keluar dari hasil yang diabaikan google dengan cara tidak mengcopas artikel orang lain.


    3. Duplikat Konten (Canonical URL)

    Mungkin Anda berfikir kalau duplikat content bisa terjadi karena Anda membuat 2 buah artikel yang sama pada satu blog. 

    Tetapi masalah duplikat content tidak hanya karena ada dua artikel yang sama pada suatu blog.

    Ada masalah lain yang dapat menyebabkan duplikat content pada blog kita, yaitu masalah ini biasanya terjadi karena struktur template blog itu sendiri.

    Biasanya duplikat ini terjadi karena google mengindex artikel yang memiliki URL berbeda tetapi kontennya sama.

    Contohnya seperti ini 

    https://www.ypramedia.com/2019/08/cara-mengatasi-hasil-yang-diabaikan-google-search.html
    https://www.ypramedia.com/2019/08/cara-mengatasi-hasil-yang-diabaikan-google-search.html?m=1
    https://www.ypramedia.com/2019/08/cara-mengatasi-hasil-yang-diabaikan-google-search.html?m=0

    Coba anda perhatikan pada ketiga url diatas, Ketiga url diatas sebenarnya akan menampilkan artikel yang sama.

    Hal ini bisa terjadi karena adanya pengunjung dari berbagai negara dan pengguna yang menggunakan berbagai macam perangkat seperti (Tablet,Android,Iphone,Komputer). Sehingga url yang dihasilkan pada pengguna yang menggunakan perangkat mobile akan berakhiran ?m=1  atau ?m=0.

    Jika semua url diatas berhasil diindex oleh mesin pencari google tentu akan menghasilkan duplikat konten dan akan menyebabkan artikel Anda berada pada hasil yang diabaikan oleh google dan bisa memperburuk performa Website Anda pada mesin pencari.

    Setelah Anda melakukan checking terhadap artikel Anda yang dianggap melakukan duplikat konten, Coba Anda pastikan baik baik apakah Anda benar benar telah melakukan duplikat konten secara sengaja atau karena masalah Canonical Url.

    Jika karena masalah Canonical URL Anda harus mengikuti langkah langkah di bawah ini untuk memperbaikinyanya.


    Mengatasi Masalah Canonical URL pada Blogger

    Pertama Anda masuk ke blogger dan pilih Template > Edit Template lalu cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content' /> Kalau sudah menemukannya silahkan hapus kode tersebut dan ganti langsung dengna kode berikut ini : 

    <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

    Pastikan kalau kode tersebut berada sesudah kode <head> Setelah itu save kembali template Anda.

    Jika Anda tidak menemukan kode <b:include data='blog' name='all-head-content' /> Lewati saja karena bisa saya pastikan kalau sudah di setting oleh pembuat template.

    Kemudian yang Anda harus lakukan adalah setting tag tajuk robot khusus agar memberikan petunjuk bagi robot google agar tidak terjadi duplikat konten, Setting sesuai gambar dibawah ini :

    Cara Mengatasi Blog Masuk ke Hasil yang Diabakan Google

    Setelah semua settingan dirasa sudah cocok dengan gambar diatas maka langsung saja klik simpan perubahan.

    Jika semua cara diatas tidak ada perubahan saya saranin untuk ganti template saja, Cari yang terupdate dan banyak yang di rekomendasikan

    Kesimpulan

    Hasil yang diabaikan sebenarnya sudah banyak terjadi tetapi terkadang banyak orang yang tidak menyadarinya sehingga di biarkan begitu saja.

    Tentu hal ini dapat menyebabkan peforma dari blog atau website itu sendiri akan menurun secara drastis.

    Sebaiknya masalah hasil yang diabaikan google ini segera di selesaikan.

    Setelah Anda mengetahui masalah ini sebaiknya kedepannya Anda meningkatkan kualitas konten dan memastikan tidak menulis topik yang sama berulang ulang agar terhindar dari duplikat konten. Semoga Bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel