Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan

Berbicara tentang Tumbuhan Miana yang memiliki banyak manfaat mungkin terdengar asing bagi kita semua, Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun yang memiliki beragam warna seperti warna hijau, ungu, biru dan merah. Daun miana terkenal sebagai obat-obatan herbal daun ini biasanya dikenal dengan istilah daun iler.

Tanpa kita sadari kita sering melihat daun ini di perkarang rumah orang lain ataupun di perkarangan rumah kita sendiri yang mungkin sengaja di tanam untuk tanaman hias.

Memang kita tidak asing dengan daun ini lebih tepatnya kita tidak asing dengan nama daun miana ini, Tetapi jika anda melihat daun ini secara langsung, Mungkin Anda langsung bisa mengenal tanaman miana ini.

Inilah Beragam Manfaat Tumbuhan Miana Bagi Kesehatan

Sebagai contoh Tanaman herbal lainnya yang sering di tanam di perkarangan rumah adalah tanaman binahong, Tanaman sirih dan Tanaman kumis kucing Adapun juga tanaman jarak dan masih banyak lagi tanaman-tanaman yang daun-daunnya dijadikan obat herbal.

Tumbuhan dengan nama latin Coleus scutellarioides memang sudah sangat terkenal dapat mengatasi berbagai macam jenis penyakit dalam tubuh kita.

Penelitian telah membuktikan bahwa daun miana ini banyak menyimpan kandungan-kandungan yang berguna untuk meningkatkan pertahanan tubuh kita seperti kandungan tanin dan flavonoid.


Berikut Beberapa Manfaat Tumbuhan Miana Bagi Kesehatan 

1. Mengobati Luka Dengan Daun Miana

Menggunakan obat merah atau Betadine untuk menyembuhkan luka itu sangatlah bagus tetapi ketika Anda kehabisan betadine ada solusi lain, Solusinya menggunakan daun miana yang ada pada pekarangan rumah anda, Ternyata daun miana pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka, Cara menggunakan daun miana sebagai obat luka sangatlah mudah, Tumbuk daun miana dengan sedikit air, Setelah itu tempelkan daun miana hasil tumbukan tadi ke luka Setelah itu biarkan hingga daun miana kering. Banyak zat dari daun miana ini yang akan mempercepat proses pengeringan luka.


2. Menyembuhkan Demam Dengan Daun Miana

Ternyata daun miana dapat menyembuhkan demam secara cepat, Cara menyembuhkan demam dengan daun miana ini sangatlah mudah sekali, Anda tinggal ambil beberapa daun miana dan rebus daun miana tersebut saring dan ambil sari airnya, Minum secara teratur hingga panas pada tubuh menurun. Untuk menghilangkan rasa pait pada daun miana Anda bisa menggunakan madu atau garam sedikit.

Baca Juga : Pertolongan Pertama Mengatasi Luka Bakar


3. Mengobati Batuk Dengan Daun Miana

Daun miana juga dapat mengobati penyakit batuk caranya sama seperti mengobati demam dengan meminum air bekas rebusan atau perasan dari daun miana. Minum secara teratur sampai Anda merasa kalau gejala batuk yang Anda alami sembuh.


4. Mengatasi Ambien dengan Tumbuhan Miana  

Daun miana juga dapat mengatasi ambien dengan cara Anda meminum rebusan air dari daun miana dengan mencampurnya dengan kunyit, Minum setiap hari secara rutin hingga gangguan ambien berhasil sembuh.


5. Mengatasi Gangguan Wasir  dengan Daun Miana

Daun Miana juga dikenal sebagai obat untuk mengatasi gangguan wasir atau konstipasi yang lebih dikenal dengan sebutan sembelit, Cara mengatasi wasir dengan daun miana ini cukuplah mudah, Sama halnya seperti diatas rebus dan minum air rebusan dari daun miana secara rutin dan teratur. Disarankan untuk rutin makan makanan yang berserat agar mampu membantu Bab menjadi lancar.
Karena jika dibiarkan bisa bahaya, Dapat menyebabkan penyakit pada usus besar.



6. Mengobati Diabetes dengan Daun Miana

Tidak jarang orang yang berusia sangat muda sudah terkena diabetes karena pola hidup yang sangat buruk, Ketika penyakit diabetes telah terlanjur menyerang tubuh kita sebaiknya segera untuk menyembuhkannya, Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengobatinya dengan daun miana, Cukup meminum rebusan air miana secara rutin kadar gula darah akan turun secara perlahan.


7. Mengatasi Tifus dengan Daun Miana

Demam tifus adalah salah satu penyakit yang sudah tidak lagi terdengar asing bagi kita, Penyakit yang bernama tifoid ini umumnya dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh virus ini menyerang Anda yang memakan makanan kotor dan terdapat bakteri salmonella, Untuk membantu penyembuhan penyakit tifus tersebut cobalah dengan cara tradisional dengen mengkonsumsi daun miana yang sudah direbus dan meminum airnya secara rutin, Mudah mudahan bakteri bakteri jahat yang ada di dalam usus dapat dengan mudah tersingkirkan sehingga tubuh menjadi sehat kembali.

Itulah beberapa khasiat daun manfaat miana bagi kesehatan tubuh semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan semoga bermanfaat. 
Yogi Prayogo
Yogi Prayogo Penulis.