Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Error DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET

Cara Mengatasi Error ‘DNS Probe Finished No Internet’ Pada Google Chrome - Beberapa hari yang lalu ketika saya ingin mencari sesuatu di internet dengan menggunakan browser google chrome tiba tiba pesan error muncul yang bertuliskan DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET.

Ketika saya mencoba mencari penyebab masalah error tersebut di google saya tidak menemukan cara yang pasti untuk mengatasi masalah error tersebut.

Tetapi ketika saya mencoba berbagai macam metode untuk memperbaiki masalah seperti ini, Saya menemukan fakta bahwa kalau error tersebut adalah masalah pada server DNS dari komputer saya.

Cara Memperbaiki Error DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET

Untuk masalah saya ini sebenarnya hanya masalah DNS dan saya memperbaiki error Dns_Probe_Finished_No_Internet hanya dengan mengubah server DNS yang didapatkan secara otomatis menjadi Open DNS.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Failure Configuring Windows Updates

Tetapi mungkin kasus anda berbeda dan mungkin anda perlu untuk mencoba beberapa cara lain. Itulah sebabnya saya akan menyediakan beberapa metode atau cara untuk mengatasi masalah error Dns_Probe_Finished_No_Internet pada komputer windows 7, 8 dan 10 Anda.

1. Menggunakan Command Prompt

Anda dapat menggunakan perintah sederhana untuk memperbaiki error DNS. Pertama buka command prompt windows dengan mengetikkan cmd di kontak pencarian windows dan tekan enter.

Anda juga dapat menggunakan tombol WIN + R lalu ketikan CMD pada kolom pencarian dan tekan enter. 

Hal ini akan membuka command prompt, Setelah CMD terbuka, Ketik kode perinta berikut :

 resets netsh winsock


Cara Memperbaiki Error DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET


Setelah itu tekan Enter dan kemudian coba restart komputer Anda. Semoga cara ini dapat menyelesaikan masalah.

Jika perintah diatas tidak dapat menyelesaikan masalah bisa jadi alamat IP Anda juga salah satu penyebab salah satu masalah itu sendiri.

Anda dapat mencopot ip dan memperbaruinya, Buka Command prompt lagi dan ketikkan ipconfig /release dan tekan enter. Setelah selesai ketik lagi ipconfig /renew dan tekan enter lagi.

Jika Anda bingung coba perhatikan gambar dibawah ini : 

Cara Memperbaiki Error DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET


Sekarang kita akan menghapus DNS yang mudah mudahan bisa mengatasi masalah Anda.


Buka Command prompt lagi dan ketik ipconfig /flushdns dan tekan enter.

Cara Memperbaiki Error DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET

Setelah semuanya telah dilakukan coba restart komputer Anda.

2. Hapus Cache, Instal Ulang Browser

Untuk menghapus Cache Google Chrome caranya dengan menklik tombol customize yang titik tiga, Lalu pilih pengaturan geser kebawah dan klik pada tampilkan pengaturan lanjutan. Dibagian privasi, Klik bersihkan data Perambanan. Akan muncul jendela baru centang semua dan hapus data penelusuran.

Untuk menghapus Cache Firefox klik riwayat lalu bersihkan riwayat terkini. Setelah itu klik pada detail. Periksa Cookie dan Cache lalu klik bersihkan sekarang.

Anda juga dapat mencoba menginstal ulang browser dan coba Anda perhatikan apakah dengan cara menginstall ulang browser dapat menyelesaikan masalah. Opsi lain anda juga dapat menginstall browser yang belum pernah Anda gunakan. Seperti Safari atau Opera.

3. Periksa Pengaturan Keamanan Firewall dan Internet

Ada kemungkinan firewall atau perangkal lunak keamanan internet Anda memblokir situs web tertentu karena alasan keamanan. Pastikan periksa pengaturan firewall dan software antivirus lainnya.

4. Reboot Router Internet Anda

Coba restart router internet Anda mana tau router internet Anda juga salah satu penyebab DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET.

Saya harap 4 metode diatas dapat memperbaiki masalah DNS. Semoga Bermanfaat.
Yogi Prayogo
Yogi Prayogo Penulis.