Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website

Internet sudah menjadi bagian besar dari kebutuhan hidup kita saat ini, walaupun hanya sekitar 9 persen (4.39 milyar) masyarakat dunia yang sudah menggunakan internet, kenyataannya pada saat ini internet sudah menjadi bagian dari keseharian kita, contoh saja misalnya ketika anda ingin berpergian keluar anda tinggal memesan gojek, anda ingin berbelanja anda tinggal order di bukalapak, anda ingin mengobrol dengan pasangan anda tinggal menghubunginya dari WA, segala kebutuhan kebutuhan kecil bisa terpenuhi dengan mudah, bahkan mungkin internet sudah menjadi kebutuhan hidup anda.

Internet yang kini menjadi ladang pelarian orang orang yang dibacok sejuta kerinduan itu sebenarnya butuh sebuah media agar bisa menampilkan informasi kepada kita, media yang saya maksud adalah web. web adalah dokumen virtual yang menampilkan informasi dalam bentuk digital, internet bukanlah apa apa tanpa web, walaupun sebenarnya anda bisa mengakses facebook lewat aplikasi, namun aplikasi memiliki kelemahan yaitu harus didownload & diupdate setiap waktu agar kita tetap bisa mempembarui fitur dan tampilan aplikasi, tentu ini jadi agak ribet, makanya ada web.

Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Website?

Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website

Web sendiri pada awalnya hanyalah sebuah dokumen virtual biasa yang digunakan untuk keperluan internal CERT, benar benar berbentuk seperti sebuah dokumen kaku, tidak seinteraktif yang sekarang. web kemudian terus dikembangkan menjadi lebih baik hingga kini sudah digunakan secara global dan memiliki tampilan visual yang apik sehingga banyak yang berlomba lomba membuat aplikasi web untuk produk mereka.

Perusahaan seperti Bukalapak dan OLX menggunakan teknologi web agar semua orang dapat mengakses produk mereka, sama walaupun tak serupa, anda yang membaca artikel ini pasti setidaknya memiliki bisnis atau organisasi yang anda kelola secara mandiri, atau anda pasti memiliki suatu keahlian atau produk yang dengan itu bisa anda tawarkan pada orang lain, entah itu keahlian anda sebagai fotografer profesional, bakat anda dalam membuat kerajinan tangan khas daerah, bisnis makanan dan minuman yang anda kelola ataupun jasa yang anda tawarkan dalam pembuatan skripsi, pasti anda punya itu.

Salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh orang orang seperti yang diatas adalah permasalahan dalam berkompetisi dengan pesaing lain, ada begitu banyak hal hal yang harus diatur dengan baik agar anda tetap bisa bersaing dengan pesaing pesaing anda diluar sana, selain dengan tetap menjaga kualitas, power of mounth atau pembicaraan mulut ke mulut tentu menjadi andalan utama.

Baca Juga : Tips Untuk Membangun Bisnis Online Yang Sukses

Mau tidak mau anda harus pergi menjemput bola agar pelanggan anda semakin banyak, saya tidak bilang anda kesana kemari jalan kaki, anda pasti sudah menggunakan media sosial untuk bisnis dan layanan anda, namun dengan begitu banyaknya kompetitor yang lebih paham tentang bagaimana menempatkan diri pada posisi yang baik di internet, dan karena begitu banyaknya daerah daerah yang belum anda ketahui potensi pasarnya tentu ini akan menjadi keterbatasan dalam bisnis anda.

Bagaimana Website Dapat Memudahkan Bisnis Anda? 

Percaya atau tidak sebagai pebisnis di era digital, anda sebenarnya membutuhkan sebuah media baru selain media sosial, anda membutuhkan sebuah website yang dapat diakses siapa saja, sebagai identitas tersendiri bagi anda sehingga anda terlihat lebih kompeten dimata pelanggan.
Saya akan jabarkan hal yang perlu anda ketahui tentang bagaimana website dapat anda manfaatkan untuk kepentingan bisnis, sehingga anda bisa memutuskan apakah bisnis anda membutuhkan website atau tidak, berikut penjabarannya.

Website Dapat Memberikan Kesan Tersendiri Dimata Pelanggan 

Sejauh ini media sosial menjadi alat yang praktis yang dimanfaatkan para pebisnis untuk memasarkan produk, selain media sosial mereka juga membuat onlineshop di bukalapak dan tokopedia, namun ada kekurangan yang dimiliki, yaitu terletak pada tampilan situs, kita tidak dapat merubah tampilan facebook atau tampilan toko online kita di bukalapak, tampilan punya pengaruh tersendiri bagi orang yang melihat profile bisnis kita di medsos dan toko online, mungkin anda memandang ini biasa saja.

Tapi tidak bagi pelanggan anda yang jauh diujung sana yang menemukan bisnis anda dimedsos ataupun toko online, mereka akan melihat bisnis anda sekilas lalu membuka situs favorit mereka untuk membeli produk yang serupa dengan produk bisnis anda, mungkin mereka akan melihat rating anda dan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, tapi bagaimana jika yang muncul pada postingan anda hanyalah status status jualan biasa yang tidak ada bedanya dengan medsos pebisnis lain?

anda tidak bisa berbuat apa apa pada situasi seperti itu, tapi anda masih bisa membuat sedikit perubahan agar pelanggan melirik produk anda, yaitu dengan membuatnya lebih menarik daripada yang lain, anda bisa membalas komentar pelanggan dengan pelayanan sepenuh hati dan dengan tidak menyuruh pelanggan untuk PM ke messenger anda, biarkan mereka bertanya sesuka hati dan biarkan pelanggan lain tau percakapan tersebut, itu jauh lebih baik karena anda tidak membuang buang waktu mereka untuk mencari tau tentang produk dan mereka tidak membuang buang waktu anda untuk membalas pertanyaan pertanyaan secara berulang ulang.

Baca Juga : Cara Hemat Kuota Saat Bermain Medsos

Cara lainnya adalah dengan membuat postingan informatif yang masih berkaitan dengan produk, misalnya anda menjual pupuk organik, anda bisa berbagi pengetahuan seputar tanaman dan bagaimana pupuk organik bisa membuat tanaman jauh lebih subur walaupun prosesnya lama, anda juga bisa berbagi pengetahuan tentang baju baju yang cocok untuk wanita berdasarkan kepribadiannya masing masing dengan cara menawarkan baju baju anda sebagai opsinya.

Selain itu anda juga bisa membuat situs website sendiri agar bisnis anda lebih terlihat profesional daripada bisnis yang lain, ada kesan tersendiri yang diterima pelanggan ketika mereka mengetahui anda memiliki website sendiri untuk bisnis, sama halnya seperti kencan pertama anda dengan kekasih anda, kesan pertama ini bisa menjadi dorongan awal bagi pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis anda, perlu anda perhatikan tujuan anda berjualan secara online adalah untuk memperluas jangkauan anda pada pelanggan, salah satu caranya adalah dengan memiliki website sendiri.

Mengapa orang lebih tertarik pada bisnis yang memiliki website? kredibilitas itu harga mati bagi bisnis, situs web dapat membuat bisnis kita terlihat berbeda dari kebanyakan bisnis abal abal yang bertebaran di internet, menjaga kesan adalah penting agar pelanggan tetap dapat mengingat bisnis anda jikalau sewaktu waktu mereka atau teman mereka membutuhkan produk yang sama seperti yang anda tawarkan.

Website Dapat Memudahkan Anda Dalam Mengatur Strategi Pemasaran Yang Efektif

Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website

Banyak dari kita yang hanya menggunakan satu atau dua media sosial saja untuk mempromosikan bisnis secara online, ini mungkin bagus untuk kemudahan, tapi untuk pemasaran jangka panjang apalagi untuk branding ini sebenarnya buruk sekali, ada begitu banyak media sosial yang kita lihat dikunjungi dan ditinggalkan oleh penggunanya, sebut saja path, anda pasti punya path, saya tidak, saya gak punya smartphone dulu.

Dulu media sosial ini sempat digadang gadangkan bakalan jadi pengganti facebook dimasa depan. Nyatanya? justru malah berbalik, path ditinggalkan penggunanya dan kini sudah ditutup karena sudah sedikit yang memakai, hal yang sama juga bisa terjadi pada media sosial yang anda gunakan, coba anda bayangkan ketika akun yang sudah anda usahakan reputasinya selama bertahun tahun hilang begitu saja karena media sosial yang anda gunakan sudah ditinggalkan orang orang, bagaimana perasaan anda? trigger kan? hahaha saya enggak tuh…

Tapi begitulah kenyataan yang ada sekarang, medsos begitu banyak, bahkan mereka bersaing lagi, tentu anda tidak bisa terus terusan bergantung pada medsos apalagi memanfaatkan strategi aji mumpung, mumpung medsosnya masih banyak yang make, masya allah apanya yang mumpung, rugi iya…

Bagaimana caranya agar reputasi anda tetap ada di internet walaupun medsos yang anda gunakan sudah tidak digunakan lagi? jawabannya adalah dengan website, website berdiri sendiri, tidak bergantung pada admin situs dan suka suka kita mau bikin apa aja disitu, website juga bisa menjadi wadah dan strategi bagi kita agar lebih mudah menentukan medsos yang tepat untuk pemasaran tanpa harus mengkhawatirkan jerih payah anda pada suatu medsos tertentu, karena pelanggan anda semuanya tau situs website anda.

Dan bukan hanya itu, sebenarnya orang orang yang ada diinternet itu bukan hanya membuka IG, BL dan FB setiap saat, mereka juga ada yang membuka situs seperti Qraved, Quora, IDN Times, dan lain lain.

Jadi tidak semua orang hanya memfokuskan kehidupan digitalnya untuk medsos, setiap orang punya kepentingannya masing masing.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Peringkat SEO [Update 2019]

Anda bisa memanfaatkan situasi semacam ini dengan cara mendaftarkan bisnis anda disitus situs populer tersebut dan mulai berjualan atau membuat postingan informatif disana, kalau sekiranya tidak mendapatkan hasil yang baik, anda bisa berpindah lagi ke situs lainnya, mudah bukan?

Anda juga bisa bersikap seperti seorang periset marketing online yang menganalisa setiap medsos atau situs biasa yang ada di internet, bikin video tiktok promosiin dagangannya, bikin konten di IDN Times, luar biasa itu, kerja sekalian have fun, bahkan kalau anda sudah expert dalam membuat konten, anda bisa nawarin jasa pembuatan konten ke bisnis bisnis lain, bisa jadi peluang usaha tambahan itu.

Tampilan Website Bisa Anda Rubah Sesuai Keinginan

Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website

Setiap bisnis pasti memiliki karakteristik tersendiri yang mencerminkan citranya didepan publik, misalnya seperti bisnis makanan punya karakteristik warna coklat dan orange yang menggambarkan makanan cepat saji, meja dan perlengkapan makan lainnya. gak mungkin bisnis makanan tapi ada bengkel didalam ruangan, itu gak mungkin, kalaupun mungkin itu cuma properti saja agar lebih unik.

Sama halnya seperti website, anda dapat mengubah tampilan website anda sesuka hati atau merubahnya mengikuti karakteristik bisnis yang anda geluti, anda bisa merubah tampilan situs menjadi dominan berwarna merah agar kue strawberry anda terlihat begitu manis dan matching dengan situsnya, anda juga bisa menambahkan fitur blog pada website anda untuk membuat postingan yang informatif yang berkaitan dengan bisnis anda, misalnya seperti anda membuat blog tentang fashion seperti yang saya sebutkan tadi untuk menjual baju baju jualan anda.

Bukan hanya terbatas pada pemasaran, website juga bisa digunakan untuk mendigitalisasikan kegiatan operasional anda, misal: anda tau software POS? jika anda memiliki segudang bon penjualan yang gak tau lagi mau disimpan dimana, pasti anda butuh sekali software seperti ini, POS atau Point of Sale adalah software yang mengurusi bagian bon dengan menjadikan software sebagai wadah menyimpan data bon, dengan software ini kita tidak perlu capek capek membuang banyak kertas supaya kita bisa mencatat seluruh hasil penjualan, bukan hanya itu, jika perusahaan anda adalah perusahaan besar, anda dapat membuat media sosial internal untuk memudahkan komunikasi didalam perusahaan anda, anda juga bisa membuat sistem pakan ikan otomatis atau sistem pendeteksi tingkat keramaian pada sebuah plaza plaza besar atau membuat sistem pendeteksi seluruh penghuni rumah sakit yang bisa anda pantau lewat website, yang tentu saja saya tidak menyediakan jasa seperti ini dilayanan saya.

Tapi walaupun begitu jangan bersedih hati, apalagi ngambek, saya juga menyediakan jasa pembuatan website untuk bisnis bisnis yang memerlukan website untuk memasarkan produknya, saya juga menawarkan jasa pembuatan aplikasi web seperti POS, Medsos Internal, SPA, Landing Page dan produk produk website lainnya, anda bisa mengunjungi halaman portfolio saya jika anda berminat untuk mencoba menggunakan website sebagai bagian dari strategi digitalisasi bisnis anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel