Penyebab Kambuhnya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

    Penyebab kambuhnya penyakit Asam Lambung dan Cara mengatasinya - Pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu tentang penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit yang mengakibatkan rasa terbakar dibagian dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit jantung atau jantung koroner sebab gejala yang dialami hampir sama.



    Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, baik umurnya sebelum dewasa atau sesudah dewasa. Mari kita beralih pada penyebab yang mengakibatkan penyakit asam lambung kambuh.

    Penyebab Penyakit Asam Lambung

     A. Makan tidak tepat waktu.

    Dari analisis saya banyak orang-orang yang tidak makan tepat waktu dan sebab kenapa tidak makan tepat waktu dikarenakan aktifitas kita yang padat atau kita dalam keadaan terburu-buru dan mengakibatkan perut kita berasa keroncongan sampai menjadi rasa nyeri yang dialami dibagian dada.

    B. Makan Pedas

    Bagi para penikmat pedas, makanan pedas adalah sajian utama yang harus disajikan sebagai menu pelengkap dari menu makanan akan tetapi makanan pedas ini jika terus menerus akan memicu lambung dan pencernaan.

    C. Minuman Bersoda

    Siapa sih yang tidak tau minuman bersoda ini, minuman yang selalu diidentikkan ketika makan sesuatu akan tetapi resikonya cukup tinggi bagi penderita penyakit asam lambung sebab minuman bersoda memiliki kandungan Gas Karbondioksida sehingga berpotensi menambah gas pada lambung.

    D. Usia 

    Usia juga menjadi salah satu pemicu kambuhnya asam lambung karena sistem tubuh tidak bisa memproduksi kadar asam lagi dengan seimbang.

    E. Asam Sitrat

    Asam sitrat banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk nipis, lemon, jeruk, dan lain-lainnya. Asam sitrat juga diproduksi dalam kemasan makanan dan minuman yang sering kerap kali kita konsumsi, namun Asam sitrat memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh akan tetapi bagi penderita asam lambung akan merasakan gejala yang dirasakan pada kesehatan ini.

    Baca Juga : 7 Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan

    Cara mengatasi kambuh penyakit Asam Lambung

    1. Memerhatikan Porsi Makan

    Makanan yang dikonsumsi secara berlebih akan memicu penyakit lambung untuk kambuh dikarenakan gas yang secara berlebihan masuk kedalam tubuh yang disebabkan porsi makanan yang dikonsumsi secara berlebihan.

    2. Makan Secara Teratur

    Salah satu faktor utama yang memicu kambuhnya penyakit asam lambung dikarenakan pola makan yang tidak teratur.

    Disarankan agar anda makan secara teratur untuk tidak memicu kambuhnya penyakit asam lambung atau anda membuat jadwal agar bisa makan dengan teratur.

    Selain itu, disarankan pula tidak makan dua jam sebelum tidur karena itu bisa memicu asam lambung naik ketenggorokan saat tidur.

    3. Tidur dengan posisi Kepala dan Dada lebih tinggi

    Andapun bisa melakukan cara ini dengan meletakkan bantal atau alas apa saja yang bisa menopang pinggang anda sehingga kepala dan dada lebih tinggi posisinya dari pada bagian bawah atau kaki anda.

    4. Mengonsumsi Pisang

    Selain rasanya enak dan kaya gizi, makanan satu ini juga bagus untuk penyakit asam lambung. Antasida alami ini bisa melapisi dinding perut dan saluran pencernaan sehingga lambung akan terhindar dari iritasi.

    Namun, dalam beberapa kasus buah yang satu ini juga bisa memperburuk bagi penderita penyakit asam lambung. Jika anda ingin mengonsumsinya untuk itu maka pertimbangkan kembali.


    5. Mengonsumsi Kacang Hijau

    Makanan satu ini dapat menebalkan lapisan lambung sehingga bagi penderita penyakit asam lambung ini dapat membantu menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.


    6. Menghindari minum air terlalu banyak

    Sebaiknya anda menghindari meminum air terlalu banyak ketika sedang makan karena akan menyebabkan kambuhnya penyakit asam lambung sebab lambung sulit mencerna apa yang anda makan.

    7. Hindari kebiasaan yang tidak sehat

    Merokok dan langsung berbaring setelah makan dapat memicu kambuhnya penyakit asam lambung dikarenakan kebiasaan yang kerap kali anda lakukan. Oleh sebab itu sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan aktifitas lainnya seperti jalan santai, menonton tv dan lain sebagainya. Agar makanan yang telah anda makan dapat dicerna oleh lambung secara baik, berikanlah jeda selama 3 jam atau lebih agar lambung bisa memproses makanan yang telah anda makan.

    Sekian penjelasan dari saya, dan semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya.

    Kesehatan itu mahal jadi sebelum anda terserang penyakit maka lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga Bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel