Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Jenis Wallet atau Dompet Cryptocurrency

Jenis Jenis Wallet atau Dompet Cryptocurrency - Dompet yang menyimpan Bitcoin atau token / koin lainnya menyimpan kunci pribadi, yang digunakan untuk mengakses alamat publik Anda , setiap kali Anda ingin menggunakan aset Anda (Bitcoin, Ethereum).

Dompet Crypto sangat mirip dengan rekening bank karena Anda dapat mengirim, menerima, dan menyimpan koin / token Anda yang didukung oleh dompet pilihan Anda. Ada berbagai jenis dompet yaitu ponsel, perangkat keras, desktop dan dompet Web. Masing-masing dompet ini memiliki fasilitasnya.

Yang penting untuk dipahami adalah bahwa kata sandi dompet Anda bekerja sama dengan alamat publik memungkinkan Anda untuk mentransfer koin Anda. Sangat penting bahwa Anda tidak boleh memberitahukan kata sandi kepada siapa pun, atau di mana pun di internet karena siapa pun dengan kata sandi itu dapat mengakses koin Anda dari mana saja.

Jenis Jenis Wallet atau Dompet Cryptocurrency

Jenis Jenis Wallet

Ada berbagai macam jenis dompet dan setiap dompet memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut Ini adalah daftar lima dompet yang harus Anda ketahui. Dompet dingin dan panas saat menjelajah dompet, Anda bisa menemukan dua istilah ini: "Dompet dingin" dan "Dompet panas". Dompet yang tidak terhubung ke internet disebut dompet dingin atau Cold Wallet. Berlawanan dengan ini adalah dompet panas atau Hot Wallet, yang terhubung ke web. Seperti yang dapat Anda duga, dompet dingin lebih aman digunakan dan kami sarankan menggunakannya saat Anda memegang koin dalam jumlah besar. Jika Anda memiliki sejumlah kecil koin dan secara teratur menggunakan dompet Anda, maka lebih mudah menggunakan Hot wallet.

Desktop Wallet

Dibuat untuk digunakan pada komputer desktop atau laptop dan dapat diinstal pada banyak sistem operasi (Windows, Mac, dan Linux). Anda cukup mengunduh dompet yang Anda inginkan dari web dan ikuti instruksi tentang cara memasangnya. Dompet ini memungkinkan Anda mengakses dengan mudah dari komputer saat offline. Dompet desktop yang paling disukai adalah Armory dan Solar karena aman dan mudah digunakan.

Mobile Wallet

Seperti yang dapat Anda tebak dari namanya, dompet ponsel disesuaikan untuk ponsel cerdas Anda. Contoh yang bagus dari dompet seluler adalah Keybase, Solar dan Blockchain. Sebagian besar dompet dapat diunduh di iOS dan Android, kecuali dompet yang kurang populer hanya ditemukan di Android. Keuntungan terbesar dari dompet ponsel adalah ia memiliki kode QR dan Anda cukup membayar dengan telepon Anda.

Web Wallet 

Sekali lagi namanya memberi tahu Anda segalanya, dompet ini dapat ditemukan di internet yang disediakan oleh perusahaan yang menawarkan layanan tersebut. (Mis. Probit). Anda dapat mengakses dompet ini hanya di internet. Mereka lebih mudah digunakan karena Anda tidak perlu mengunduhnya dan semuanya ditangani oleh penyedia. Dompet web memiliki beberapa kelemahan. Ada orang lain (penyedia) yang bertanggung jawab atas keamanan koin Anda, artinya Anda harus mempercayai mereka karena tidak diatur oleh pemerintah.

Paper wallets

Koin Anda juga dapat disimpan dalam bentuk fisik. Dompet kertas dengan aman menyimpan koin Anda dengan nilai-nilai Anda yang lain di brankas Anda. Untuk membuat dompet kertas, Anda dapat mengunjungi Bitaddress.org dan membuatnya. Setelah membuat dompet, Anda cukup menyalinnya dan menyimpannya di tempat yang aman. Di atas kertas, Anda hanya dapat melihat kunci pribadi yang disalin, yang dengannya Anda dapat mengakses koin Anda.

Hardware wallets

Orang-orang tampaknya semakin sering menggunakan dompet perangkat keras. Kita berbicara tentang perangkat kecil (mirip dengan kunci USB) yang menyimpan koin Anda. Ini adalah cara paling aman untuk mengirim, menerima, atau memegang koin Anda. Perangkat ini biasanya memiliki layar kecil dan beberapa sakelar yang membantu Anda mengoperasikan perangkat ini. Untuk membuka perangkat ini, pertama-tama Anda harus mencolokkannya ke komputer dan kemudian Anda dapat mengirim dan menerima token Anda. Ada banyak merek berbeda dalam kisaran harga yang berbeda, lakukan penelitian dan temukan satu yang paling cocok untuk Anda. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.
Yogi Prayogo
Yogi Prayogo Penulis.