Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome - Belakangan ini banyak pelanggan indihome yang mengeluh atas indihome tidak bisa membuka aplikasi YouTube pada STB useeTV.

Sebagai pengguna indihome banyak orang yang bertanya-tanya kenapa bisa terjadi padahal di hari Biasanya itu bisa dibuka dengan lancar .

Error ini termasuk aneh karena belakangan ini saya bisa menggunakan YouTube pada STB indihome namun beberapa minggu ini saya tidak bisa menggunakannya, Karena masalah YouTube yang tidak bisa dibuka, Tertulis jelas di bawah situ " This action is not allowed " yang artinya tindakan ini tidak diizinkan, Berarti masalah ini terjadi dari youtube-nya langsung.

Bahkan teman-teman saya juga mengalami masalah tersebut, Mereka memiliki STB yang berbeda jenisnya namun mereka juga mengalami masalah yang sama, Mereka juga memiliki STB yang sudah di-root sudah di-upgrade seperti artikel saya sebelumnya Cara Flashing Upgrade Firmware STB ZTE B760H Indihome.

Tetapi tetap saja mereka tidak dapat mengakses youtube sebagai mana mestinya dengan pesan error  "This action is not allowed", Ini meyakinkan saya bahwa yang error bukanlah dari STB Indihome yang saya gunakan, Melainkan terjadi karena masalah aplikasi youtube itu sendiri.

Dan saya mencoba mencari tahu masalah ini saya mencari tahu dengan cara searching di Google bertanya di forum dan menonton video YouTube dan ternyata saya berhasil menemukan cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Untuk itu saya membuat artikel ini agar anda bisa mengatasi STB indihome anda yang mengalami error aplikasi youtube yang tidak dapat terbuka.

Tetapi sebelum kita masuk ke topik pembahasan ada baiknya kita mengenali masalah ini terlebih dahulu.

Mengapa muncul pesan This action is not allowed pada aplikasi Youtube di STB ? 

Ada beberapa alasan yang mungkin pasti adalah penyebabnya, yang jelas masalah ini bukan berasal dari STB itu sendiri ataupun koneksi internet indihome maupun ONT.

Penyebab masalahnya adalah aplikasi youtube yang kita gunakan adalah versi lama bukan versi terupdate. Apalagi sekarang youtube sudah mempunyai versi Youtube TV dan juga youtube premium.

Mungkin kita diharuskan menggunakan aplikasi Youtube TV terbaru yang sudah memiliki fitur premium didalamnya, Oleh karena itu kita tidak diizinkan lagi utnuk menggunakan youtube versi lama.

Tetapi ada kemungkinan lain seperti adanya fitur youtube for kids atau youtube untuk anak anak jadi kita diharuskan melakukan update.

Cara Mengatasi Youtube Tindakan ini Tidak Diizinkan Melalui Browser

Cara yang saya sarankan untuk Anda yang tidak mau ribet mensetting agar aplikasi youtube dapat terbuka kembali saya sarankan Anda bisa membuka youtube dari browser jika muncul pesan tidak diizinkan dari aplikasi youtube. 

Tetapi jika Anda tidak berhasil membuka youtube dari browser sebaiknya Anda ikuti langkah berikutnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Youtube Tindakan ini Tidak Diizinkan dengan Update dari Usee Store

Salah satu cara yang sangat efektif menurut saya adalah dengan cara mengupdate aplikasi YouTube itu sendiri di STB indihome Anda. dengan mengupdate aplikasi YouTube Anda ke versi terbaru maka anda bisa menikmati YouTube anda kembali, Mungkin penyebab error tersebut adalah masalah versi aplikasi YouTube yang sudah sangat lama atau lawas.

Saat ini sudah tersedia aplikasi youtube versi terbaru yang ada di Usee Store untuk Android TV Anda bisa download langsung dari Usee Store dengan langkah langkah dibawah ini.

1. Anda masuk ke aplikasi Usee Store, Kemudian cari Youtube pada aplikasi Usee Store.

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome

2. Setelah Anda berhasil mencari Youtube pada aplikasi Usee Store silahkan Anda Klik Update.

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome

3. Jika tidak berhasil Ada baiknya Anda Uninstall terlebih dahulu aplikasi Youtubenya setelah itu Anda install kembali.

4. Jika ada kendala pada saat proses download ataupun update, Sebaiknya ganti jaringan WiFi Anda saat mendownload Youtubenya dengan tethering atau hotspot koneksi dari hp.

5. Coba terus menerus jika gagal berulang kali pada saat mendownload, Pada kasus saya, Saya gagal terus menerus dalam melakukan penginstalan tapi setelah mencoba beberapa kali saya berhasil mengistall youtube tersebut.

Solusi Youtube TV Error Tindakan ini Tidak Diizinkan - STB Android Huawei ZTE dengan Aptoide

Jika beberapa cara diatas juga tidak dapat menyelesaikan permasalahan Anda, Anda bisa mengikuti cara yang satu ini dimana kita menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload aplikasi youtubenya di STB ZTE Indihomenya.


Aplikasi ini bernama Aptoide biasanya aplikasi ini sudahlah tersedia di STB Indihome kita, Untuk mendownload youtube dari Aptoide caranya cukup mudah.

1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Aptoid.

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome

2. Kemudian ketikkan Youtube For Smart TV pada kolom pencarian. 

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome

3. Setelah di klik silahkan langsung klik Install atau pasang Youtube for smart TV nya.

4. Jika sudah berhasil diinstall maka kembali ke menu aplikasi, Anda akan melihat dua aplikasi youtube yang berbeda. 

Cara Mengatasi Youtube Error pada STB Indihome

3. Nah sekarang Youtube Anda bernama Smart Youtube dan youtube Anda sudah kembali menjadi normal.

Cara Mengatasi Pesan Youtube This action is not allowed Pada STB Indihome dengan Flash Disk

Cara yang terakhir sedikit ribet karena membutuhkan Flashdisk dalam menggunakannnya, Saya berharap Anda dapat menyelesaikan masalah youtube error dengan langkah langkah diatas dan tidak menggunakan cara ini.

Karena cara ini di setiap jenis STB berbeda dalam mengoprasikan file managernya, Untuk cara menginstall atau mengupdate Youtube dari Flash Disk berikut caranya.

1. Pertama Anda siap kan terlebih dahulu APK youtube dan simpan kedalam flashdisk. Anda bisa mendownload Apk Youtube dari berbagai macam website yang tersedia di google melalui komputer ataupun Smartphone.

2. Hubungkan Flashdik Anda ke STB Indihome Anda.

3. Cari File Manager atau File Explorer kemudian buka.

4. Copykan APK Youtube yang telah kita download tadi melalui komputer ke dalam Memory Internal STB.

5. Setelah itu Klik Apk Youtube tersebut dan langsung saja klik Pasang atau Install.

6. Setelah berhasil terinstall coba jalankan kembali Youtube.

Kesimpulan 

Sebenarnya yang perlu Anda lakukan dalam mengatasi masalah Youtube error yang menampilkan pesan This action is not allowed, Adalah dengan cara mengupdate aplikasi youtube yang telah ada menjadi versi yang terbaru. 

Karena ada beberapa kebijakan youtube yang telah berubah jadi diharuskan mengganti versi youtube yang telah lawas.

Demikian tutorial kali ini semoga dapat bermanfaat.
Yogi Prayogo
Yogi Prayogo Penulis.